Angin Segar Ekspor Rumput Laut Indonesia ke Amerika Serikat

"Ekspor rumput laut Indonesia ke AS dan turunannya dapat terus berlanjut"
Ilustrasi petani rumput laut (Antara/BeritaDaerah)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah telah mengamankan kelanjutan ekspor rumput laut Indonesia ke Amerika Serikat, dengan memasukkan kembali komoditas itu ke daftar produk pangan organik Departemen Pertanian AS.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. Menurutnya, produk rumput laut Indonesia berhasil masuk kembali ke daftar produk pangan organik pada 4 April 2018 lalu.

Dengan demikian, kata dia, ekspor rumput laut Indonesia ke AS dan turunannya dapat terus berlanjut. Sebab keputusan ini mulai berlaku efektif mulai 29 Mei 2018 dan akan berlaku hingga 29 Mei 2023.

Keputusan ini juga merupakan Notifikasi Sunset Review 2018 yang memperbarui 17 bahanpangan/organik dalam dalam daftar produk-produk yang diizinkan dan dilarang secara nasional di AS (National List of Allowed and Prohibited Substances).

"Keputusan untuk memasukkan kembali karagenan ke daftar pangan organik AS merupakan angin segar bagi pelaku usaha rumput laut Indonesia, terutama petani kecil dan pelaku industri rumput laut," kata Oke.

Ia menjelaskan, bahwa Departemen Pertanian AS menemukan bukti yang cukup kuat bahwa produk ekstraksi rumput laut diperlukan dalam proses-proses produk pertanian karena tidak tersedianya alternatif pengganti yang sepenuhnya alami.

"Selain itu, Departemen Pertanian AS mendapat laporan bahwa pengganti potensial seperti gellan gum, guar gum, atau xanthan gum tidak memadai dalam mereplikasi fungsi khusus yang dimiliki ekstraksi rumput laut di seluruh lingkup penggunaannya dalam berbagai produk pertanian," jelas Oke.

Sebelumnya, ekspor rumput laut dan produk olahan rumput laut ke AS dari negara-negara mitra dagangnya terancam dengan rekomendasi yang dikeluarkan Badan Standardisasi Organik Nasional (National Organic Standards Board/NOSB) AS.

Dalam rekomendasi tersebut, pemerintah AS meminta untuk mengeluarkan ekstraksi rumput laut dari daftar ... Baca halaman selanjutnya