Pemkab Pesisir Selatan Desak Pihak Desa Segera Selesaikan Laporan Keuangan

"Pelaporan anggaran tersebut harus dilakukan menjelang pencairan dana desa tahap 2 "
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meminta pemerintah nagari (desa adat) untuk segera menyelesaikan laporan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APB-Nag) 2018 triwulan I.

Pelaporan anggaran tersebut harus dilakukan menjelang pencairan dana desa tahap 2 di triwulan ke II tahun 2018.

"Jika tidak nagari akan terancam tidak bisa mendapatkan alokasi dana desa tahap berikutnya, baik dari APBN maupun alokasi dana yang telah dianggarkan dari APBD," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pessel Suhandri pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, target penyelesaian laporan APB-Nag triwulan I tersebut guna menunjang kelancaran operasional pemerintahan nagari tahap II. Sebab, perampungan laporan APB-Nag ditentukan hingga akhir April 2018.

"April 2018 ini sudah merupakan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para wali nagari sesuai dengan Permendagri nomor 113 tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Desa. Jika tidak lancar, maka operasional pemerintahan nagari memasuki triwulan ke II tahun 2018 bisa tersendat," jelasnya.

Menurutnya, total alokasi dana desa di daerah itu tahun 2018 ini mencapai sebasar Rp232 miliar. Diantaranya dibagi dalam bentuk Dana Desa (DD) dari APBN, dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumbar dari 10 persen total Dana Alokasi Umum (DAU) yang dikucurkan melalui APBD.

"Anggaran sebesar itu dibagikan bertahap sesuai kebutuhan dan ketentuan untuk 182 nagari yang ada. Rata-rata tiap nagari mendapat alokasi dari Rp1,2 milliar hingga Rp1,5 miliar," terangnya.

[Kiki Julnasri Priatama]