Diakui Internasional, Program Dana Desa Juga Bakal Diterapkan di Negara Lain

"Program dana desa banyak membuat perubahan yang signifikan"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, program dana desa yang diusung sejak tahun 2015 lalu telah mendapatkan pengakuan dunia internasional.

Ia menyebutkan, dunia mengakui bahwa, program dana desa banyak membuat perubahan yang signifikan baik dari sisi infrastruktur, pendidikan dan lainnya.

"Perubahan itu telah ditinjau secara langsung oleh negara – negara lain, diantaranya dari kawasan Asia Pasifik," katanya.

Dengan pengakuan tersebut, ia menyebutkan bahwa saat ini ada 13 negara yang akan mengusulkan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mewajibkan seluruh negara berkembang menerapkan program dana desa.

Salah satu negara yang belum lama ini mengirimkan delegasinya ke Indonesia adalah Malaysia. Kedatangannya untuk mengetahui secara langsung implementasi program dana desa di Indonesia.

"Menteri Kemajuan Luar Bandar Malaysia telah datang ke indonesia dan telah mengirimkan puluhan delegasinya agar belajar ke Indonesia. Padahal desa - desa di Malaysia itu lebih maju daripada desa-desa di Indonesia. Saya beberapa kali juga diminta untuk berbagi dan berdiskusi terkait program dana desa dengan sejumlah negara," ungkap Eko.

Kendati demikian, saat ini bagi dia, masih terdapat pekerjaan yang belum diselesaikannya dalam membangun desa.

Memasuki tahun keempat, pemerintah telah menyalurkan dana desa mencapai Rp 187 triliun. Pada tahun 2018 ini, sebesar Rp 60 triliun disalurkan kepada 74.957 desa.

Hingga kini, data menunjukkan capaian pembangunan yang signifikan di pedesaan. Dalam aspek penunjang aktivitas ekonomi masyarakat, dana desa diantaranya telah membangun 123.145 kilometer jalan desa, 5.220 unit pasar desa, 26.070 unit kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), 1.927 unit embung, dan 28.091 unit irigasi.

Sementara dalam aspek peningkatan kualitas hidup masyarakat desa, ... Baca halaman selanjutnya