Anda Boros? Atasi dengan Tips Ini

"Menghemat pengeluaran adalah sebuah teknik yang dapat diterapkan jika seseorang ingin hidup dengan selalu berkecukupan"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah Anda seorang yang boros dan seringkali tidak sadar uang yang Anda miliki cepat habis? Ketika keinginan untuk berhemat itu ada, tapi selalu gagal Anda penuhi, dikarenakan sebelumnya Anda belum terbiasa dan akan mulai berhemat akhir-akhir ini.

Menghemat pengeluaran adalah sebuah teknik yang dapat diterapkan jika seseorang ingin hidup dengan selalu berkecukupan. Terutama, menghemat pengeluaran menjadi sesuatu yang sangat penting untuk mereka yang bekerja dengan upah/gaji yang terbilang pas-pasan.

Nah ini ada beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber untuk menghemat uang Anda selama satu bulan, sehingga saat akhir bulan Anda menjadi tidak begitu merasa kesulitan terhadap biaya yang dibutuhkan:

1. Belanja Sesuai Kebutuhan
Saat belanja untuk keperluan di awal bulan, seringkali Anda seakan menganggap seluruh barang yang kita butuhkan habis dan perlu membeli persediaan baru. Padahal, sebenarnya persediaan kita masih cukup hingga akhir bulan. Bahkan seringkali Anda merasa tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak Anda rencanakan sebelumnya seperti camilan berbungkus-bungkus, minuman ringan berkaleng-kaleng, dan lainnya.

Mulai sekarang, lebih baik berbelanjalah saat memang Anda memang perlu membeli barang-barang tersebut. Alokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda dan perhatikan juga kuantitas kebutuhan tersebut supaya cukup untuk 1 bulan ke depan.

2. Tentukan Hari untuk Ambil Uang Bulanan
Jangan mengambil uang di ATM setiap kali diperlukan. Karena setiap harinya pasti Anda akan merasa perlu untuk menggunakan uang bulanan tersebut seperti beli makan atau beli bensin. Saat Anda mengambil uang tiap kali diperlukan, itu akan membuat Anda boros karena penarikan uang menjadi tidak terkontrol.

Nah, sebisa mungkin tentukan pada hari apa-apa saja kamu akan mengambil uang bulananmu. Coba perhitungkan berapa ... Baca halaman selanjutnya