Di Sawahlunto Air Galon Dikelola BUMDes

"Air disalurkan ke 400 kepala keluarga "
Walikota Sawahlunto Ali Yusuf dan Head and network services BNI wilayah Padang Dadang Surachman saat peresmian Bumdes Andeska (KLIKPOSITIF/ Fitria Marlina)

KLIKPOSITIF - Walikota Sawahlunto Ali Yusuf meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sikalang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Kamis, 2 Juni 2016.

BUMDes yang diberi nama Andeska (Anak Desa Sikalang) ini merupakan unit usaha milik desa yang berperan mendistribusikan air minum dalam bentuk galon kepada masyarakat.

Direktur BUMDes Maizul Fahmi mengatakan selama ini air galon dikelola masyarakat secara swadaya. Namun, kebutuhan air galon untuk kawasan ini--sekira 600 KK--belum terpenuhi.

"BUMDes mengambil peran itu, memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum dalam bentuk galon," ujarnya yang diwawancarai KLIKPOSITIF, Jumat, 3 Juni 2016.

Namun, dalam analisanya, BUMDes Andeska belum mampu memenuhi semua kebutuhan air minum galon untuk masyarakat yang diperkirakan mencapai 9 ribu setiap bulan.

"Kami prediksi baru mampu memenuhi 75% dari total kebutuhan. Sekira 400 KK tiap bulan," ujarnya. 

BUMDes, sebut Maizul, memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air minum dengan menggandeng MdQua sebagai pemasok. MdQua adalah depot milik masyarakat.

Dipilihnya MdQua, sebut Maizul, dengan alasan memberdayakan usaha masyarakat yang telah ada. Selain MdQua, direkrut juga 8 pemuda setempat sebagai penyalur air galon kepada masyarakat.

3 BUMDes

Selain BUMdes yang menjadi pemasok air galon, Walikota Ali Yusuf mengatakan daerah yang dipimpinnya terlebih dahulu telah memiliki dua BUMDes yang terletak di Taratak Bancah Kecamatan Silungkang dan Santur Kecamatan Barangin.

"BUMDes kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.  Pada kesempatan yang sama, ia juga menyerahkan bantuan dana Rp 5 juta untuk BUMDes.

Walikota mengatakan untuk menumbuhkembangkan BUMDes diajaklah pihak perbankan untuk bekerjasama. "Saat ini kita telah menjalin kerjasama dengan BNI," ... Baca halaman selanjutnya