Pemko Bukittinggi Sidak Sembako di Pasar Bawah

"Harga sembako di pasaran masih terpantau normal"
Ramlan Nurmatias sidak di kawasan Pasar Bawah Bukittinggi (Yudi Prama Agustino)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta OPD terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bawah Bukittinggi, Rabu 25 April 2018. Dalam sidak ini, Ramlan fokus memantau harga sembako.

“Biasanya menjelang masuknya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, sejumlah kebutuhan pokok sudah merangkak naik, seperti beras, daging dan cabe, sehingga menimbulkan inflasi di Kota Bukittinggi. Maka dari itu kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai antisipasi naiknya harga yang dikhawatirkan masyarakat,” kata Ramlan Nurmatias disela-sela sidak tersebut.

Namun dari hasil pantauan tersebut, tidak ditemukan kenaikan harga sembako yang signifikan. Rata-rata, harga sembako masih stabil. Walaupun ada sembako yang telah naik harga, kenaikan tersebut dinilai masih diambang batas kewajaran.

“Seperti halnya beras yang merupakan kebutuhan yang sangat pokok bagi masyarakat, harganya masih normal. Apabila beras Bulog tidak beredar di pasaran, kemungkinan harga beras lokal bisa saja naik, karena beras Bulog dijual dengan harga yang telah ditentukan, sehingga dapat menetralisir harga beras,” ujar Ramlan.

Ramlan Nurmatias mengatakan, Pemerintah Kota Bukittinggi akan terus melakukan pemantauan harga sembako di pasaran. Apabila ada pedagang atau distributor yang terbukti menimbun barang-barang sembako, Ramlan berjanji akan menindak tegas pedagang atau distributor yang bersangkutan.

[Hatta Rizal]