Fantastis, Transaksi Pameran Dagang Indonesia di Dhaka Capai Rp3,76 Triliun

"Hasil yang dicapai pada Indonesia Fair 2018 di luar dugaan, dimana produk perdagangan dan jasa Indonesia mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Bangladesh"
Pembukaan Indonesia Fair 2018 di Dhaka (kemenlu)

KLIKPOSITIF -- Indonesia Fair 2018 diselenggarakan di Dhaka, Bangladesh, untuk pertama kalinya pada tanggal 26-28 April 2018. Kegiatan tersebut sukses membukukan nilai transaksi hingga USD279,19 juta atau lebih dari Rp3,76 triliun, yang didapatkan dari Temu Bisnis dan pameran dagang.

Indonesia Fair 2018 diselenggarakan sebagai kegiatan promosi terpadu yang menggabungkan misi dagang, pertunjukan budaya, dan promosi pariwisata. Misi dagang dipimpin oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda. Sementara, pertunjukan budaya dan promosi pariwisata diselenggarakan atas kerja sama antara KBRI Dhaka dengan Kementerian Pariwisata dan Dhakabashi, salah satu lembaga seni di Bangladesh.

“Hasil yang dicapai pada Indonesia Fair 2018 di luar dugaan, dimana produk perdagangan dan jasa Indonesia mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Bangladesh. Pencapaian ini merupakan awal yang baik bagi upaya penguatan kerja sama perdagangan Indonesia-Bangladesh," demikian disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Bangladesh, Rina P. Soemarno.

Secara khusus, Dubes Rina memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku usaha Indonesia yang ikut serta dalam pameran dagang di Indonesia Fair 2018. Ia berharap pelaku usaha nasional dapat memperluas jangkauan usahanya melihat potensi pasar Bangladesh yang begitu besar.

Indonesia Fair 2018 diawali dengan kegiatan Forum Bisnis dan Temu Bisnis, di mana Kementerian Perdagangan membawa 93 pelaku usaha dari 43 perusahaan.
Menanggapi pencapaian transaksi bisnis pada Indonesia Fair 2018, Arlinda mengatakan, “Keberhasilan misi dagang di Bangladesh membuktikan bahwa Bangladesh adalah mitra dagang yang sangat potensial bagi Indonesia, sehingga pasar Bangladesh perlu digarap dengan lebih serius." Pasar yang sangat potensial khususnya adalah di sektor industri transportasi (kereta api, otomotif, dan suku cadang); komoditas unggulan ... Baca halaman selanjutnya