Pemerintah Bidik Kerjasama dengan Negara-Negara Pasifik Selatan

"Kerjasama yang dimaksud adalah di berbagai bidang"
Joko Widodo (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah membidik kerjasama dengan negara-negara yang berada di sekitaran Samudera Pasifik. Secara spesifik, negara yang dituju adalah negara di kawasan Pasifik Selatan.

Negara-negara tersebut seperti Nauru, Vanuatu, Tuvalu, Fiji, PNG, Solomon Island, Samoa, dan Tonga. Menurut Presiden Joko Widodo, sejumlah negara itu cukup terbuka bagi Indonesia.

"Kerjasama yang dimaksud adalah di berbagai bidang," katanya.

Kerja sama tersebut, lanjut Presiden, baik dalam menjalin hubungan antar masyarakat, bidang kebudayaan, bidang pendidikan seperti bantuan beasiswa, bidang ekonomi baik investasi maupun perdagangan.

Jokowi menilai, saat ini Indonesia harus mulai masuk ke pasar-pasar negara non tradisional, termasuk negara-negara kawasan Pantai Selatan untuk menawarkan produk-produk unggulan industri manufaktur.

Selain itu bisa juga dengan mengandalkan industri kelautan, perikanan dan juga industri jasa serta di bidang konstruksi, informatika dan telekomunikasi.

"Saya lihat peluangnya sangat besar yang sekaligus menjadi koridor percepatan kawasan Timur Indonesia," ungkap Jokowi.

Untuk mewujudkan hal itu kuncinya, tegas Presiden, adalah mempererat konektivitas, baik konektivitas budaya dan ekonomi, yang tentu saja harus didukung oleh kelancaran konektivitas sistem transportasi dengan negara-negara kawasan Pasifik Selatan.(*)

Sumber: Setkab