Bulog Sumbar Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

"Komoditi lain seperti minyak goreng, gula pasir dan daging diklaim juga akan tercukupi"
Kepala Divre Bulog Sumbar, Suharto Djabar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Usaha Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan ketersedian pasokan beras pada bulan Ramadhan hingga Lebaran aman. Karena, saat ini beras yang tersimpan di gudang Bulog Sumbar sekitar 9.000 ton.

"Yang jelas, selama Ramadan masyarakat tidak perlu takut akan kelangkaan beras dan lonjakan harga. Sebab, Bulog telah pastikan stok beras di Sumbar aman. Bahkan, menjelang Lebaran saat Ramadan berjalan akan ada penambahan lagi sekitar 9.000 ton. Maka, jika di totalkan nanti ada sekitar 18.000 ton," ujar Kepala Divre Bulog Sumbar, Suharto Djabar, Senin 14 Mei 2018 di kantornya.

Lebih lanjut, kata Suharto, tidak hanya beras. Namun, komoditi lain seperti minyak goreng, gula pasir dan daging juga akan tercukupi dengan stok yang ada.

"Untuk gula, kita pasok selama Ramadan ini sebanyak 2.000 ton, yang dibagi kemasan dari 1 kilogram hingga 50 kilogram, dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah  yakni Rp12.500 per kilogram," katanya.

Kemudian, untuk stok daging yang disediakan Bulog yakni 31 ton dengan harga sesuai HET Rp 80.000 per kilogram, yang mana daging beku di pasok tersebut merupakan daging impor.

"Jika respon masyarakat meningkat dengan daging ini, maka akan kita tambah pasokannya," ulasnya. 

Ia berharap, dengan pasokan yang disediakan Bulog ini, kelangkaaan pasokan di tengah masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran dapat teratasi.

[Joni Abdul Kasir]