Ekspor Langsung Produk Manufaktur RI ke AS Capai 11,98 Juta Dolar AS

"Nilai tersebut diperoleh dari 32 industri manufaktur dalam negeri"
Ilustrasi ekspor (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Perindustrian mencatat total nilai ekspor langsung Indonesia ke Amerika Serikat mencapai 11,98 juta dolar AS.

Nilai tersebut diperoleh dari 32 industri manufaktur dalam negeri. Menurut data, produk nonmigas ini meliputi alas kaki sebesar 50 persen, dan produk garmen (15 persen).

Kemudian produk karet, ban dan turunannya (10 persen), produk elektronik (10 persen), serta produk lainnya seperti kertas, ikan beku dan suku cadang kendaraan (15 persen).

"Seluruhnya produk manufaktur, bukan komoditas mentah," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Menurut dia, pengiriman produk industri manufaktur tersebut menggunakan kapal kontainer berukuran besar.

Pengiriman itu dilakukan dengan pelayaran langsung peti kemas dari pelabuhan domestik ke pelabuhan tujuan di luar negeri tanpa singgah di pelabuhan mana pun.

"Pengiriman ini bisa lebih cepat sampai sehingga akan mendorong peningkatan daya saing produk kita di Amerika Serikat," sebut Airlangga.

Airlangga menjelaskan, pengiriman komoditas melalui rute langsung tersebut dapat lebih efisien dan memangkas biaya logistik hingga 20 persen.

"Jadi, lebih murah berkisar USD300 setiap kontainer, dibandingkan jika dengan perjalanan melalui Singapura," ucap dia.

Komoditas nonmigas yang diekspor tersebut diangkut menggunakan Kapal CMA CGM Tage, memiliki kapasitas mencapai 10.000 twenty-foot equivalent units (TEUs).

Kapal berbobot sebesar 95.263 gross tonnage (GT) dan berukuran panjang hingga 300 meter ini merupakan satu dari beberapa kapal raksasa yang kini secara rutin berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Perusahaan pengekspor itu, antara lain Buma Apparel Industry, Nikomas Gemilang, Parkland World Indonesia, Mattel Indonesia, Dilmoni Citra Mebel Indonesia, Gajah Tunggal, Multistrada Arah Sarana, Indonesia Epson Industry, dan Samsung Electronics Indonesia.

Selanjutnya, ... Baca halaman selanjutnya