Pasar Painan Sepi Pengunjung di Pekan Pertama Ramadan

"Sepinya pengunjung berdampak pada penurunan jual-beli hasil dagang"
Situasi di Pasar Inpres Painan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sejumlah pedagang di Pasar Inpres Painan, Pesisir Selatan mengeluhkan sepinya pengunjung ke pusat perbelanjaan tersebut di pekan awal Ramadan tahun 2018 ini.

Salah seorang pedagang, Syafrial (56) mengatakan, sepinya pengunjung berdampak pada penurunan jual-beli hasil dagang. Kondisi seperti itu bagi dia, jauh berbeda dengan ramadan tahun sebelumnya.

"Tahun ini terasa sekali perbedaannya," katanya. Menurut dia, saat ini harga bahan pangan terpantau masih stabil, bahkan beberapa cenderung menurun.

"Harusnya dengan kondisi seperti itu, pembeli ramai. Sekarang malah tidak demikian, harga stabil dan murah, pasar malah sepi," keluh Syafrial kemudian.

Terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pesisir Selatan, Nurul Andriana menilai, kondisi tersebut disebabkan karena masyarakat cenderung menimbun bahan makana sebelum masuk Ramadan.

"Bisa jadi masyarakat telah menyiapkan stok terlebih dahulu, dan biasanya masyarakat punya cadangan. Secara umum, penurunan daya beli ini sendiri belum terasa," pungkas Nurul.

[Kiki Julnasri Priatama]