Saham Asia Melemah Setelah Trump Batalkan Pertemuan dengan Korut

"Saham Asia sedikit melemah"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Saham Asia sedikit melemah, Jumat (25/5) di tengah sentimen pasar yang rapuh. Hal itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuan puncak dengan Korea Utara, meskipun kekhawatiran investor melunak oleh harapan kedua negara mungkin masih melanjutkan dialog.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang. Korea Selatan Kospi turun 0,65 persen. Nikkei Jepang turun 0,3 persen. Di Wall Street, S & P 500 berakhir 0,2 persen lebih rendah pada hari Kamis, meskipun itu mencakar kembali sebagian besar dari penurunan sebelumnya 0,95 persen.

Tawaran keselamatan meningkatkan harga obligasi secara global, mendorong hasil lebih rendah. Yield Treasury AS 10-tahun berdiri di 2,988 persen, jatuh lebih jauh dari tertinggi tujuh tahun dari 3,128 persen yang dicapai seminggu lalu. Hasil Bund 10-tahun Jerman mencapai rendah 4-1 / 2-bulan 0,461 persen, setelah jatuh lebih dari 11 basis poin sejauh ini minggu ini.

Meskipun ada pergeseran pasar ke aset safe-haven, tidak ada tanda langsung kepanikan investor yang tersebar luas dengan indeks volatilitas Wall Street, yang dilihat sebagai pengukur ketakutan investor.

Analis mengatakan karena investor menjadi terbiasa dengan gaya negosiasi dramatis Trump, di mana ia membuat panggilan drastis sebelum membuat kompromi, dan semakin melihat rekan Korea Utara-nya, Kim Jong Un, mengadopsi pendekatan yang sama.

“Saya menduga mereka tidak dapat menyetujui denuklirisasi. Tapi melihat komentar dari kedua belah pihak, tidak ada yang mengesampingkan mengadakan pertemuan di masa depan. Jadi saya tidak berharap melihat eskalasi ketegangan militer secara langsung, ”kata Masahiro Ichikawa, ahli strategi senior di Sumitomo Mitsui Asset Management.

Dilansir dari laman reuters, wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye Gwan mengatakan Pyonyang terbuka menyelesaikan masalah dengan Amerika Serikat.

Selain Korea Utara, ... Baca halaman selanjutnya