Bank Nagari Buka Akses KUR Sektor Luar Pertanian

"19 Mei lalu disetujui oleh kementerian, kalau sudah dapat KUR di sektor perdagangan, dan sektor lain"
Ilustrasi (net)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Tanahdatar, Bank Nagari cabang Batusangkar membuka akses kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor di luar pertanian.

"Sebelumnya sudah ada KUR pertanian, kita akses di daerah pertanian dengan angka di bawah Rp100 juta yang sekarang sudah naik hingga Rp250 juta," ungkap, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar, Eka Andria Putra, kepada KLIKPOSITIF, Sabtu 2 Juni 2018.

"19 Mei lalu disetujui oleh kementerian, kalau sudah dapat KUR di sektor perdagangan, dan sektor lain. Ini kerjasama pemerintah daerah, OJK dan BI," tambah Eka.

Untuk penyaluran, katanya saat ini baru dalam tahap pembinaan pada masyarakat. Kredit akan diperioritaskan pada masyarakat yang memiliki prospek usaha yang produktif. Untuk angka kredit, katanya sampai Rp500 juta, dengan bunga yang cukup rendah yakni 7 persen.

"Mudah mudahan di sektor ini secepatnya kita berikan sosialisasi, bagaimana bisa dijadikan modal. Sehingga KUR dapat terealisasi dengan baik," ujarnya.

Saat ini, kata dia, di Kabupaten Tanah Datar ada dua cabang, yakni di Kecamatan Limo Kaum, dan Lintau yang memilik wilayah kerja Lintau Utara dan Lintau selatan. Satu cabang lagi berada di Batusangkar dengan wilayah kerja 9 kecamatan.

"Sejak 2017 sudah tersalurkan sebesar Rp7 Miliar. Target kita Rp70 Miliar," pungkasnya. [Cecep Jambak]