Menkeu Optimis Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2019 Capai 5,8 Persen

"Investasi diperkirakan akan meningkat"
Sri Mulyani saat memberikan pemaparan dalam sidang Paripurna DPR RI (Kemenkeu)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis dengan target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 yang dapat tercapai antara kisaran 5,4% - 5,8%. 

Beberapa indikator ekonomi Indonesia yang terus membaik dan bauran kebijakan Pemerintah serta para stakeholders terkait turut memperkuat keyakinan Menkeu akan tercapainya target pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Investasi diperkirakan akan meningkat. Seperi kita lihat pada kuartal I (tahun 2018), investasi sudah tumbuh mendekati 8% (yaitu) di 7,8%, sehingga range 7,5% sampai dengan 8,3% adalah manageable dan doable. Ekspor antara 6% sampai dengan 7,2% kita perkirakan hampir sama dengan tahun ini," katanya.

Namun demikian, kecenderungan menguatnya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah akan berdampak pada naiknya harga barang-barang impor yang masuk ke Indonesia.

Oleh karena itu, ia memperkirakan pertumbuhan 5,4% adalah angka yang paling realistis untuk target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019.

Persoalannya lain adalah pada impor dalam tahun ini, diperkirakan lebih tinggi dari pertumbuhan yang 4,5% karena growth pada tahun awal sudah di atas 20% bahkan beberapa barang tumbuhnya sudah di atas 30%.

"Sehingga pertumbuhan ekonomi tahun depan di kisaran 5,4% sampai 5,8%. Memang arahnya akan lebih ke 5,4% dibanding 5,8%," pungkasnya kemudian.(*)

Sumber: Kemenkeu