KKP: 16 Persen Produksi Tuna Dunia Berasal dari Indonesia

"Pada tahun 2016 terdapat 7,7 juta metrik ton tuna dan spesies seperti tuna ditangkap di seluruh dunia"
Ilustrasi tangkapan Tuna (Berita Daerah)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat, 16 persen produksi ikan Tuna dunia berasal dari Indonesia. Jumlah tersebut merupakan data pencapaian tahun 2016 lalu.

Menurut data resmi FAO melalui SOFIA pada tahun 2016 terdapat 7,7 juta metrik ton tuna dan spesies seperti tuna ditangkap di seluruh dunia.

Jika dibandingkan dengan produksi ikan jenis lain seperti Cakalang dan Tongkol, Tuna jauh lebih unggul, sebab menurut data produksi dua ikan itu hanya 1,2 juta ton pertahun.

Dari pencapaian produksi Tuna di tahun 2016 lalu tersebut, tercatat volume ekspor tuna Indonesia mencapai 198.131 ton dengan nilai 569,99 juta USD pada tahun 2017.

Jenis ikan tuna beragam, yaitu tuna mata besar (bigeye tuna), madidihang (yellowfin tuna), albakora (albacore), cakalang (skipjack tuna) dan tuna sirip biru selatan (southern bluefin tuna).

"Hal itu membuktikan bahwa bisnis perikanan tuna sangatlah menggiurkan. Pasalnya ikan Tuna merupakan jenis ikan high migratory dan menjadi primadona hingga mancanegara," tulis Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam sebuah narasi tunggal.

Menurut KKP sendiri, permintaan tuna dunia yang tinggi (cenderung overcapacity) membuat industri tuna kian bergairah dari tahun ke tahun.

"Produk tuna yang disukai oleh semua kalangan ini membuat harga jualnya makin melambung. Indonesia sebagai negara terbesar penghasil tuna terbesar memiliki potensi besar merajai pasar tuna internasional," jelas KKP.

Nilai ekonomi dari perdagangan produk perikanan tuna Indonesia sangat besar dan menjadi peluang yang dapat terus dimanfaatkan.

Namun tetap harus mengedepankan aspek keberlanjutan agar perikanan tuna terus menerus lestari.

Tingginya permintaan pasar global menjadi fokus Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk melakukan pengelolaan tuna dari hulu ke hilir dan ... Baca halaman selanjutnya