Bitcoin Anjlok ke Level Terendah Dua Bulan Terakhir

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Bitcoin jatuh ke level terendah selama dua bulan terkhir, dimana hal itu meluncur di tiga dari empat sesi terakhir pada kekhawatiran regulasi dan keamanan yang menyimpang. Hal itu setelah peretasan pekan lalu terhadap mata uang cryptocurrency Korea Selatan Coinrail.

Mata uang virtual asli mendekati level terendah tahun ini di bawah $ 6.000 BTC = BTSP pada platform Bitstamp. Ini jatuh ke harga terendah di bawah $ 6.500 dan terakhir diperdagangkan turun 4,7 persen pada $ 6.551,48.

baca juga: Akhir Pekan, Emas Dijual Rp 913 Ribu Per Gram

Sejauh ini di 2018, bitcoin turun hampir 53 persen, setelah melonjak lebih dari 1.300 persen tahun lalu.

Pada hari Minggu, Coinrail, pertukaran cryptocurrency yang relatif kecil di Korea Selatan, mengatakan sistemnya terkena "intrusi cyber," menyebabkan hilangnya sekitar 30 persen dari koin yang diperdagangkan di bursa. Itu tidak mengkuantifikasi nilainya, tetapi outlet berita lokal Yonhap memperkirakan dalam laporan yang tidak bersumber bahwa sekitar 40 miliar won ($ 37.28 juta) koin virtual dicuri.

baca juga: Akhir Pekan, Minyak Dunia Naik Hampir 2 Persen

Peretasan terbaru menghapus lebih dari $ 40 miliar dalam nilai pasar pasar mata uang kripto pada hari Minggu. Bitcoin sendiri menurun hampir $ 1.000. Bitcoin dapat pulih setelah hari Minggu, tetapi sejak itu melanjutkan kecenderungan untuk menurun.

Bitcoin dalam keadaan hampa likuiditas saat ini. Volume pada pertukaran crypto sekarang di bawah $ 5 miliar per hari, tingkat terendah sejak November 2017, sebelum hal-hal di luar kendali, ”kata Mati Greenspan, analis pasar senior, di eToro.

baca juga: Emas Dunia Kembali Alami Kenaikan Harga

“Karena aktivitas perdagangan sangat rendah, bahkan sejumlah kecil tekanan dapat menggerakkan harga cukup drastis. Mirip seperti jika Anda memukul bola bisbol di luar angkasa," tambahnya.

Mata uang digital lainnya juga menurun simpati dengan bitcoin . Ethereum, terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, turun 5 persen selama 24 jam terakhir menjadi $ 496,07, sedangkan yang ketiga terbesar, Ripple, turun 4,3 persen menjadi $ 0,55, menurut cryptocurrency price tracker coinmarketcap.com.

baca juga: Rupiah Masih Menguat di Akhir Pekan

Dilansir dari laman reuters, Korea Selatan adalah salah satu pusat perdagangan mata uang cryptocurrency terbesar di dunia, dan merupakan rumah bagi salah satu pertukaran koin virtual yang paling banyak diperdagangkan, Bithumb.

Investor dan regulator tersentak awal tahun ini setelah pertukaran cryptocurrency Jepang Coincheck diretas dalam pencurian profil tinggi lebih dari setengah miliar dolar mata uang digital.

Sejak awal tahun, bitcoin telah diperdagangkan dalam "segitiga descending", dengan dukungan penting pada $ 6.500 kata analis di broker FX online, FxPro.

Penulis: Fitria Marlina