Terus Diretas, Nilai Bitkoin Makin Merosot

"peretas berhasil mendapatkan sekitar 30 persen dari cadangan koin dan token"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Nilai mata uang digital bitcoin dan cryptocurrency dilaporkan terus menurun dan mencapi nilai terendahnya tahun ini. Peretasan selama sepekan disebut sebagai pemicunya. Peretasan ini membobol koin senilai sekitar 37 juta dollar AS atau senilai Rp 516,5 miliar.

Dilansir dari Arstechnica biro penukaran cryptocurrency asal Korea Selatan, Coinrail mengatakan para peretas memperoleh sekitar 30 persen dari cadangan koin dan token. Beberapa token yang terdampak adalah Pundi X (NPXS), ATX, NPER, dan DENT.

Coinrail mengatakan untuk mengatasi masalah ini penukaran koin akan dilakukan secara offline untuk sementara. Aset yang tersisa akan dipindahkan ke cold storage. Conrail akan meninjau sistem keamanan dan bekerja sama dengan penegak hukum untuk melakukan investigasi.

Januari lalu, biro penukaran uang digital Jepang, Coincheck, juga melaporkan pencurian cryptocurrency XEM senilai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 5,5 juta triliun). Diketahui juga bitcoin telah kehilangan separuh harganya sejak tahun lalu. Koin virtual lainnya, termasuk ethereum, juga mengalami nasib serupa.