Mulai Bulan Depan, Pajak UMKM Turun Jadi 0,5 Persen

"Pihaknya mendapatkan banyak keluhan atas ketetapan pajak 1 persen"
Ilustrasi UMKM (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah telah menetapkan pajak final untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar 0,5 persen mulai awal Juli nanti.

Penetapan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan banyak keluhan atas ketetapan pajak 1 persen yang sebelumnya telah diluncurkan.

Kemudian dengan mempertimbangkan hal tersebut, melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu, ia menurunkan nominal pajak tersebut jadi 0,5 persen.

"Karena harus mempertimbangkan bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Koperasi, dan kementerian terkait, diputuskan bahwa pajak akhirnya final 0,5 persen," kata Jokowi.

Dengan penetapan nominal pajak tersebut, ia berharap bisa memacu pertumbuhan UMKM sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Di sisi lain, ia juga menyarankan para pengusaha UMKM untuk juga menjual produksinya melalui layanan daring.

"Jangan hanya mengandalkan jualan langsung atau toko saja. Online ini sangat produktif dan mudah," pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.(*)

Sumber: Setkab