Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2018 Dipatok 5,2 Persen

"Semoga bisa tercapai"
Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Kemenkeu)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi di triwulan kedua tahun 2018 ini mencapai 5,2 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, angka tersebut terbilang lebih tinggi dari periode sebelumnya yang hanya 5,06 persen.

"Semoga bisa tercapai," katanya singkat.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi negara di periode tersebut bisa ditopang oleh konsumsi rumah tangga, investasi, belanja pemerintah dan ekspor.

Apalagi, kata dia, konsumsi rumah tangga, jelas akan terbantu dengan peningkatan aktivitas belanja masyarakat yang meningkat selama Lebaran dan Ramadan lalu.

"Konsumsi rumah tangga ini bisa tumbuh lebih tinggi dari triwulan I yang tercatat 4,95 persen, jadi tumbuh di atas lima persen," sebut dia.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi nasional, dinyatakannya, juga didukung oleh kinerja ekspor yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan serta penyerapan belanja pemerintah yang tumbuh positif hingga akhir Mei 2018.

Kemudian, ia juga menambahkan membaiknya kinerja perekonomian ini juga didukung dari tumbuhnya penerimaan pajak dari berbagai sektor ekonomi.

Adapun sektor pendukungnya antara lain pengolahan, perdagangan, pertambangan, konstruksi dan real estate, transportasi gudang dan pertanian.(*)