Pengumpulan Zakat Melalui Aplikasi Gojek Tembus Rp1 Miliar

"Zakat itu dikumpulkan dari konsumen GoJek"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gojek Indonesia mencatat, jumlah zakat yang dikumpulkan perusahaan tersebut melalui platform aplikasi perusahaan tersebut selama Ramadan 2018 lalu mencapai Rp1 miliar.

Zakat itu dikumpulkan dari konsumen Gojek, proses penghimpunan sendiri dilakukan dengan bekerjasama dengan lembaga penghimpun zakat nasional-Baznas.

"Jumlahnya mencapai Rp1 miliar, angkanya meningkat dari tahun 2017 lalu yang hanya Rp100 juta," kata Public Affairs Senior Advisor Gojek Indonesia, Hiro Whardana pada KLIKPOSITIF saat Halal Bihalal dengan mitra pengemudi di Kota Bukittinggi, Kamis 28 Juni 2018 kemarin.

Semua zakat yang dikumpulkan itu, kata Hiro, kemudian disalurkan ke sejumlah lembaga kemanusiaan dan penghimpun zakat.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah lembaga, nanti lembaga dan bahkan organisasi internasional itu yang membantu menyalurkannya," jelas dia.

Baca Juga: Permudah Sedekah, GoJek Kerjasama dengan Lembaga Amal

Sebelumnya diketahui, Senior Manager of Operations Gojek, Wisnu Nugrahadi mengatakan, penerapan sistem sedekah bersama lembaga amal tersebut menggun akan layanan GoPay.

"Tahun ini, kami memiliki berbagai inisiatif untuk memudahkan pengguna bersedekah dan berdonasi," katanya saat ditemui di Padang beberapa waktu yang lalu.

Salah satu lembaga yang bekerjasama dengan GoJek adalah Baznas, Rumah Zakat, UNICEF, dan WeCare.id.

Khusus dengan Baznas, pengguna aplikasi Gojek hanya perlu memindai QR Code Baznas untuk bersedekah. QR Code tersebut bisa ditemui masyarakat di berbagai lokasi seperti di billboard, dan booth Baznas di pusat perbelanjaan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirimkan THR berupa saldo GO-PAY kepada sesama pengguna, hanya dengan memasukkan nomor telepon atau scan kode QR.

Selain Zakat, lembaga lain ... Baca halaman selanjutnya