Harga Minyak Naik Terdampak Tarif Baru AS dalam Perang Dagang  

"Hal ini dipengaruhi dengan banyak investor fokus pada setiap dampak dari pengenaan tarif AS pada barang-barang Cina "
ilustrasi (Net)

 

KLIKPOSITIF - Harga minyak naik tipis di awal perdagangan Asia, Senin, 9 Juli 2018. Hal ini dipengaruhi dengan banyak investor fokus pada setiap dampak dari pengenaan tarif AS pada barang-barang Cina akhir pekan lalu, yang mendorong pembalasan langsung dari China.

Patokan global Brent naik 14 sen, atau 0,2 persen, pada 77,25 per barel pada pukul 0113 GMT (9,13 pm ET). Pada hari Jumat, kontrak tergelincir 28 sen untuk menetap di $ 77,11 per barel.

Minyak mentah berjangka AS ditambahkan 8 sen, atau 0,1 persen, menjadi $ 73,88 setelah diperdagangkan sedikit lebih rendah pada pagi hari. Mereka memperoleh 86 sen, atau 1,2 persen, untuk menetap di $ 73,80 per barel pada Jumat (6/7).

Para analis mengatakan harga minyak kemungkinan akan terbebani oleh konflik perdagangan karena investor khawatir tentang dampak dari tarif dan kontra tarif pada pertumbuhan ekonomi global.

"(Meskipun demikian) gangguan pasokan di Libya dan Kanada dapat menimbulkan tekanan pada harga dalam waktu dekat. Data terbaru menunjukkan peningkatan posisi net-long dari hedge fund pada minyak mentah Brent," kata ANZ.

Amerika Serikat dan China menukar salvos yang bisa menjadi perang dagang yang berlarut-larut sehingga membuat tarif senilai $ 34 miliar dari barang satu sama lain turun dan tidak memberikan tanda kesediaan memulai pembicaraan yang bertujuan mencapai gencatan senjata.

Gangguan pasokan memberi beberapa dukungan, dengan pemadaman listrik di fasilitas minyak pasir Kanada yang memotong pasokan regional. Penghentian fasilitas 360.000 barel per hari (bpd) Syncrude di Kanada telah berkontribusi pada penurunan tajam dalam diskon untuk minyak mentah AS versus Brent selama satu bulan terakhir.

Dilansir dari laman reuters, produsen AS terus membawa lebih banyak rig ke ladang minyak yang sudah memproduksi pada tingkat rekor. Jumlah rig AS, indikator awal output masa depan, naik lima dalam seminggu hingga 6 ... Baca halaman selanjutnya