Harga Sawit Anjlok, Nilai Ekspor Sumbar Turun

"Ekspor pada Juni 2018 ini megalami penurunan hingga 31,80 persen"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik Sumatera Barat mencatat, sepanjang bulan Juni 2018, nilai ekspor daerah itu mencapai 108,19 juta dolar AS. Jumlah tersebut menruun 11,48 persen dari bulan Mei lalu.

Jika dibandingkan dengan data tahunan, ekspor pada Juni 2018 ini megalami penurunan hingga 31,80 persen dari bulan yang sama di tahun 2017 lalu.

Kepala BPS Sumbar Sukardi mengatakan, secara kumulatif, ekspor Sumbar pada periode Januari hingga Juni ini mencapai 773,04 juta dolar AS atau menurun 33,85 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Di Sumbar ini ada dua sektor unggulan ekspor, yakni komoditas sawit dan karet. Jadi kedua komoditas ini sangat mempengaruhi nilai ekspor," katanya. Sehingga pergolakan harga sangat memperngaruhi persentase.

Hal itu dibuktikan dengan berdasarkan catatan BPS yang melaporkan bahwa ekspor sektor lemak dan minyak hewan atau nabati mencapai 66,43 juta dolar AS. Kemudian diikuti oleh karet dan barang dari karet dengan nilai mencapai 23,05 juta dolar AS.

Dengan pencapaian tersebut, Sukardi menilai, penurunan persentase ekspor Sumbar kali ini disebabkan dengan adanya penurunan harga Sawit.

"Penurunan ini memang disebabkan oleh anjloknya harga sawit belakangan, sehingga hal itu mempengaruhi niali ekspor kita. Lalu ada pula pengaruh dari luar," jelas dia.

Menurut informasi, harga Tandan Buah Segar (TBH) di Pasaman Barat-salah satu daerah penghasil sawit di Sumbar-merosot dari Rp1500 per kilogram, kini turun jadi Rp1000-Rp800 per kilogram.

Terkait dengan faktor eksternal, Sukardi memaparkan bahwa penurunan ini disebabkan karena ketersediaan pasokan CPO (Crude Palm Oil) di India masih terjaga, sehingga India menjaga impor mereka.

India sendiri memang merupakah negara tujuan ekspor sawit dan karet terbesar Sumbar, dimana pada Juni 2018 nilai ekspornya mencapai 40,87 juta dolar AS. Jumlah itu terhitung menurun 27,28 persen jika ... Baca halaman selanjutnya