Indonesia Masih Tertinggal untuk Urusan Investasi dan Ekspor

"Negara yang unggul di dua bidang tersebut saat ini adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan baru saja juga kalah dari Vietnam"
Joko Widodo (Setkab)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo menilai, saat ini Indonesia masih tertinggal di bidang ekspor dan investasi dengan sejumlah negara di Asia Tenggara (ASEAN). Harusnya, Indonesia bisa jadi yang terdepan.

Jokowi memaparkan, negara yang unggul di dua bidang tersebut saat ini adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan baru saja juga kalah dari Vietnam.

"Kita sekarang masih mengejar hal yang sangat fundamental yaitu yang berkaitan dengan infrastruktur, karena stok infrastruktur kita, baru pada angka 37% sehingga daya saing kita kalah dengan negara-negara tetangga," katanya.

Persoalan infrastruktur menjadi penting, sebab, kata dia hal itu bukan hanya soal ekonomi.

Negara sebesar Indonesia dengan 17.000 pulau, memerlukan pelabuhan, airport, jalan biasa maupun tol, karena dari situlah sebetulnya persatuan, pemerataan itu bisa diberikan, dari barat sampai ke timur, dari utara sampai ke selatan.

"Lroblem kita sekarang ini adalah kesenjangan dan kemiskinan. Kesenjangan antar wilayah barat dan timur. Kemiskinan juga kelihatan di barat dan di timur, di desa dan di kota. Ini tantangan besar kita" papar dia.

Selain infrastruktur, menurutnya, yang ingin dibangun ke depan adalah investasi SDM. Ia menyebutkan, tahun ini, pemerintah telah membangun 50 balai latihan kerja komunitas di pondok pesantren.

Sedangkan untuk tahun depan, Presiden mengaku sudah memerintahkan dibangun minimal 1.000. "Kita akan bantu siapkan gedung, infrastruktur, peralatan," ujarnya.

Kalau 1.000 selesai, lanjut Presiden, akan menginjak ke angka yg lebih besar lagi, karena Indonesia memiliki lebih dari 29.000 pondok pesantren yang membutuhkan pelatihan keterampilan bagi santri di pondok pesantren.

Ia menilai ini hal yang riil karena ke depan menyongsong perubahan besar ekonomi global, tidak ada kata lain investasi di bidang sumber daya manusia (SDM) menjadi ... Baca halaman selanjutnya