Facebook Digugat Setelah Pasar Sahamnya Anjlok

" kerugian mencapai sekitar $ 120 miliar dari pemegang saham."
Facebook (Net)

KLIKPOSITIF - Kepala eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg dituntut atas pengumuman pendapatan mengecewakan perusahaan media sosial itu dengan kerugian mencapai sekitar $ 120 miliar dari pemegang saham.

Keluhan yang diajukan oleh pemegang saham James Kacouris di pengadilan federal Manhattan menuduh Kepala eksekutif Facebook, Zuckerberg dan Chief Financial Officer David Wehner membuat pernyataan menyesatkan untuk mengungkapkan pertumbuhan pendapatan yang melambat, jatuhnya margin operasi, dan penurunan pada pengguna aktif.

Kacouris mengatakan pasar terkejut ketika kebenaran mulai muncul dari perusahaan yang berbasis di California itu pada Rabu (25/7). Dia mengatakan, 19 persen sahamnya anjlok pada hari berikutnya Kamis (26/7) berasal dari pelanggaran hukum sekuritas federal oleh para terdakwa.

Gugatan itu mencari status tindakan kelas dan kerusakan yang tidak ditentukan. Sementara itu, seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar.

Para pemegang saham sering menuntut perusahaan di Amerika Serikat setelah penurunan harga saham yang tak terduga.

Facebook telah menghadapi puluhan tuntutan hukum atas penanganan data pengguna dalam skandal juga mengenai perusahaan Inggris Cambridge Analytica. Saham Facebook turun 0,8 persen pada hari Jumat (27/7), ditutup pada $ 174,89 di Nasdaq.

Sumber: Reuters