Waspada! 227 Fintech Ini Tidak Berizin, OJK: Masyarakat Harus Hati-Hati

"Lembaga daring yang dimaksud Satgas Waspada Investigasi adalah seperti UangTeman, Tunai Kita, Koinworks, Modalku, Dana Cepat, Qreditt, dan masih banyak yang lainnya"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Otoritas Jasa Keuangan mengimbau agar masyarakat hati-hati dengan aktifitas sebanyak 227 lembaga Finansial Teknologi atau Fintech yang beroperasi lewat layanan dalam jaringan (daring).

Sebanyak 227 tersebut merupakan lembaga yang telah diselidiki oleh Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing, mengatakan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016, penyelenggara peer to peer lending wajib mengajukan pendaftaran dan perizinan kepada OJK.

"Namun Satgas Waspada Investasi menemukan 227 entitas yang melakukan kegiatan usaha peer to peer lending tidak terdaftar atau tidak memiliki izin usaha dalam penawaran produk fintech peer to peer lending sehingga berpotensi merugikan masyarakat," katanya.

Lembaga daring yang dimaksud Satgas Waspada Investigasi adalah seperti UangTeman, Tunai Kita, Koinworks, Modalku, Dana Cepat, Qreditt, dan masih banyak yang lainnya.

Tongam menyebutkan, lembaga keuangan daring yang tidak berizin tersebut berpotensi merugikan masyarakat dengan praktek yang mereka lakukan.

Berikut ini adalah link Daftar 227 Fintech tak berizini yang bisa dilihat dengan cara klik disini.(*)