Ketika Pisang Mampu Mengubah Ekonomi Keluarga

"Usaha kelompok ini berasal dari Pisang sebagai bahan dasarnya"
Usaha Pisang Sale Upik Mala di Jawi-jawi Guguak Kabupaten Solok (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Dunia kuliner dan makanan kering memang tak ada habisnya untuk dicicipi, dinikmati dan dirasakan, kemudian ditulis memang tak ada habisnya. Cemilan kering tentunya menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kuliner, termasuk salah satu produk usaha kering dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Langkah kaki kami membawa tujuan ke desa Balai Oli, Nagari Jawi-jawi pada Rabu, 25 Juli 2018. Lama perjalanan yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dari Kota Padang kurang lebih satu jam. Saat sampai di lokasi, penulis disambut langsung oleh pemilik kelompok usaha Kerupuk Sale "Uni Mala", Nurdasni.

Saat sampai di lokasi, Etek Nur, sapaan akrabnya langsung memaparkan soal usaha Kerupuk Sale dengan bahan baku dari Pisang. "Usaha kelompok ini berasal dari Pisang sebagai bahan dasarnya. Nah, dalam kelompok ini, kami mengolah pisang menjadi makanan kering dengan nama Pisang Sale," kata perempuan 50 tahun ini.

Awal membuka usaha ini dimulai pada Januari 2011. Hal itu berawal dari himpitan ekonomi yang melanda keluarganya, sehingga ia memulai memutar otak untuk mencari tambahan ekonomi keluarga. "Suami saya saat itu hanya bekerja sebagai buruh bangunan, yang hanya akan bekerja dan mendapat penghasilan lebih ketika proyek ada. Namun saat proyek pembangunan tidak ada, maka kami merasa kesulitan ekonomi keluarga. Menghadapi kondisi seperti itu, akahirnya kami memutar kincie-kincie (otak) bagaimana bisa mendapat penghasilan lebih dan membantu ekonomi keluarga (suami) untuk kebutuhan hidup. Sehingga muncullah ide ini," tuturnya.

"Bahan baku yang banyak disekitar rumah membuat kami berpikir, bagaimana pisang yang hanya dihargai dengan Rp 5 ribu/sisir bisa memberikan hasil lebih dari itu. Sehingga pada saat seperti itu, datanglah pihak dari dinas UMKM Kabupaten memberikan pelatihan soal pengolahan bahan baku pisang menjadi produk yang bisa dijual dengan harga lebih, yakninya pisang salai," jelasnya.

Pada saat ... Baca halaman selanjutnya