Modal Nekat Kris Hasilkan Aset Rp70 Juta dari Kambing Etawa

"18 kambing itu dibagi dalam 3 kandang"
Peternak Kambing Etawa, Ari Krisbiantoro (31) memberi makan ternaknya di RT 03, RW 02, Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. (KLIKPOSITIF/ Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Menjadi peternak Kambing Etawa sepertinya memang menjadi pilihan hidup Ari Krisbiantoro (31). Anak kedua dari tiga bersaudara itu berujar, lebih enak sebagai peternak kambing daripada bekerja di perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan leasing.

Pagi itu, di 3 kandang yang luas masing-masingnya 3 x 10 meter persegi, pria yang lebih akrab disapa Kris, sibuk mengurusi Kambing Etawa miliknya. Mulai dari membersihkan kandang, menyiapkan rumput, dan memeras susu untuk dipasarkan ke pelanggan.

Ke 18 kambing itu dibagi dalam 3 kandang yang berada di RT 03, RW 02, Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Bermodal nekat, Kris memiliki uang sebesar Rp4 juta memberanikan diri membeli sepasang Kambing Etawa di sebuah peternakan Kambing Etawa milik temannya di Kota Solok.

Usaha yang dirintis sejak 2013 itu berbuah hasil, hingga kini Kris sudah memiliki 18 ekor Kambing Etawa dengan total aset sekitar Rp70 juta. Setiap pagi dan sore, ia harus mencarikan 80 kilogram rumput untuk dimakan oleh kambing-kambing miliknya itu.

Kepada KLIKPOSITIF, Kris mengatakan 18 ekor kambing yang ia miliki sekarang berasal dari kambing yang berkembang biak dan hasil dari penjualan susu kambing yang simpan lalu dibelikan lagi ke kambing.

"Awalnya cuma sepasang, kemudian ada yang beranak dan juga ada yang dibeli dari hasil penjualan susu yang dikumpulkan sedikit-sedikit," kata lelaki tamatan SMA ini. Walau hanya tamat sekolah tinkat atas, niatnya untuk mengembangkan usaha ini dilakukan dengan serius dengan terus belajar dan belajar.

"Ada juga yang sudah di jual kepada peternak Kambing Etawa lainnya," sambungnya sembari membuat stek Pohon Tin. Uniknya lagi, semua kambing yang ada dikandang tersebut memiliki akta kelahiran di smartphone miliknya dan semua diberi nama dengan nama tokoh wayang antara lain Sadewa, Jasaranda, Nakula, dll.

Di ... Baca halaman selanjutnya