Ini Langkah Pemerintah Jaga Inflasi Tetap Kisaran 3,5 Persen

"Langkah-langkah tersebut terutama ditujukan untuk menjaga inflasi volatile food di kisaran 4%"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati langkah-langkah strategis untuk menjaga inflasi tetap berada dalam kisaran sasaran 3,5%±1% untuk 2018-2019 dan membawa inflasi dalam tren yang menurun menjadi 3,0%±1% pada jangka menengah 2020-2021.

Langkah-langkah tersebut terutama ditujukan untuk menjaga inflasi volatile food di kisaran 4% melalui 4 (empat) pilar strategi yaitu: Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, langkah-langkah strategis yang disepakati pada pertemuan tersebut meliputi penguatan posisi Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Kemudian menetapkan acuan kebijakan pengendalian inflasi 2019-2021 yang difokuskan pada upaya memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, dengan didukung ketersediaan data yang akurat, kerjasama antar daerah, perbaikan sarana produksi, dan infrastruktur.

Selain itu, rapat koordinasi juga mencermati adanya faktor risiko meningkatnya tekanan inflasi, terutama inflasi volatile food, yang disebabkan oleh gangguan cuaca.

Rapat Koordinasi juga menyepakati untuk terus melakukan komunikasi yang efektif kepada masyarakat guna mengelola ekspektasi.

Ke depan, Bank Indonesia dan Pemerintah akan terus memperkuat koordinasi dan mensinergikan kebijakan untuk dapat mencapai inflasi yang rendah dan stabil guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif.(*)