Harga Cabai Merah di Pasar Raya Padang Turun

"Penurunan harga cabai merah saat ini menurut dia cukup bervariasi,"
Pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Harga cabai merah di Pasar Raya Padang pada awal September 2018 ini menurun drastis. Namun penurunannya tidak cukup signifikan jika dibandingkan dengan pertengahan Agustus 2018 lalu.

"Momen Idul Adha lalu penurunannya cukup tajam, sekarang turun lagi memang, tapi persentasenya tidak begitu besar," kata salah seorang pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang, Rommy (35).

Penurunan harga cabai merah saat ini menurut dia cukup bervariasi, tergantung asal daerah cabai tersebut. "Untuk cabai yang datang dari Kerinci harganya mencapai Rp16 hingga Rp18 ribu per kilogramnya," ujarnya.

Sedangkan, untuk cabai dari daerah Sumatera Barat sendiri saat ini harganya Rp20 ribu per kiligramnya. "Kalau cabai Sumbar itu rata-rata dari daerah Solok, Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya," sambung dia.

Sementara itu harga cabai merah yang didatangkan dari daerah Pulau Jawa sendiri masih tetap pada harga Rp22 hingga Rp24 ribu per kilogramnya.

"Yang jelas turunnya itu harga cabai dari Kerinci dan Sumbar sendiri yang pada hulan lalu harganya Rp22 hingga Rp24 ribu per kilogramnya," tutur Rommy.

Selain itu, ia mengatakan bahwa hal yang membuat harga cabai mulai turun itu karena pasokan yang sudah mulai meningkat, sementara kebutuhan masyarakat tetap.

"Biasanya saya menghabiskan sebanyak 50 kilogram per hari dengan harga cabai yang di atas Rp20 ribu, saat ini tidak ada perubahan untuk tingkat penjualan, meskipun harga sudah mulai turun," tutupnya kemudian.

[Halbert Caniago]