Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3 Persen Diharapkan Beri Sinyal Positif Bagi Pelaku Usaha

"Selain itu, konsumsi pemerintah diproyeksikan tumbuh 5,4 persen"
Ilustrasi produk usaha masyarakat (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 mendatang mencapai 5,3 persen. Target tersebut menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, target tersebut diharapkan memberikan sinyal positif bagi para pelaku usaha di tengah gejolak perekonomian yang tidak menentu.

"Asumsi tersebut cukup realistis dan optimis. Pemerintah memandang perlu untuk memberikan sinyal optimisme kepada pelaku usaha di saat perekonomian dunia menunjukkan gejolak yang lebih besar," katanya dikutip dari laman resmi Kemenkeu.

Penetapan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun 2019 tersebut didasarkan pada perhitungan konsumsi rumah tangga, stabilitas harga bahan pokok, konsumsi Pemerintah dan kemudahan investasi serta peningkatan ekspor.

Selain itu, konsumsi pemerintah diproyeksikan tumbuh 5,4 persen dengan anggaran belaja yang semakin efisien dan produktif serta mendukung program prioritas pembangunan. Diharapkan pula, investasi dan ekspor tahun 2019 akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.(*)