Cerita Pendiri Alibaba yang Suka Barang KW

"Masalahnya produk palsu sekarang ini semakin banyak yang kualitasnya bagus "
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Jack Ma seorang miliarder pendiri Alibaba ternyata memiliki kesukaan terhadap barang-barang imitasi atau biasa disebut barang KW.

Menurut Jack Ma, saat dirinya menjadi pembicara dalam Alibaba Investor Day di Hangzhou, barang aspal alias asli tapi palsu yang berseliweran di e-Commerce, nyatanya lebih dicari pelanggan.

“Masalahnya produk palsu sekarang ini semakin banyak yang kualitasnya bagus dan tentu saja lebih murah daripada produk asli. Mereka berasal dari pabrik yang sama, bahan baku yang sama, hanya saja mereka tidak diberi label merk. Itu saja,” kata Jack Ma dikutip CNBC Internasional, Minggu (2/9/2018).

Namun, produk palsu yang dimaksud Jack Ma adalah produk OEM (Original Equipment Manufacturer). Produk OEM bukanlah produk KW. Jika produk original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk original yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar.

Misalnya perusahaan A membuat produk headset. Perusahaan A kemudian mencari mitra lain yaitu perusahaan B untuk produksi. Headset yang diproduksi perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai OEM.

Meskipun demikian, barang yang diproduksi oleh perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan merek milik perusahaan A, tapi dengan harga lebih murah dari produk asli. Meski demikian, Jack Ma menegaskan bahwa Alibaba akan berusaha menghentikan penjualan barang-barang palsu tadi melalui layanannya.

Alibaba sendiri terus berada dalam sorotan karena menjual produk-produk palsu dan bajakan. Bulan lalu perusahaan itu dikeluarkan dari Koalisi Internasional Antipemalsuan setelah sejumlah merek internasional mundur dari organisasi tersebut.

Beberapa perusahaan internasional juga telah mengajukan gugatan terhadap Alibaba selama beberapa tahun terakhir, karena perusahaan itu dituding sebagai pasar barang-barang bajakan.

Sumber: Suara