Mengapa Paket Umrah AET Travel Gunakan Harga Dollar, Ini Alasannya

"Umumnya komponen-komponen pembetuk harga umrah memang dominan menggunakan mata uang Dollar, seperti Tiket maskapai, Akomodasi (hotel, bus, dan makanan), dan Handling bandara"
Rombongan umroh dari AET Travel (Ist)

KLIKPOSITIF - Meroketnya harga Dollar menjelang akhir tahun 2018, memberikan dampak signifikan di berbagai sektor perekonomian Indonesia. Harga-harga perdagangan dan jasa pun ikut melonjak. Tak lepas pula pada penyelenggaraan umrah tanah air, beberapa travel agent juga diterpa imbas pelemahan Rupiah terhadap Dollar.

AET Travel Indoneia – PT. Penjuru Wisata Negeri, sebagai salah satu biro penyelenggara umrah berizin Kemenag RI, menanggapi hal ini dengan kebijakan menukar harga umrah, yang semula menggunakan rupiah, menjadi dollar. Kebijakan ini diambil untuk menstabilkan komponen-komponen pembetuk harga umrah.

Direktur Utama AET Travel Indonesia, Rizki Kurniawan N, menyampaikan hal ini pada rapat manajemen perusahaan beberapa waktu lalu, “Umumnya komponen-komponen pembetuk harga umrah memang dominan menggunakan mata uang Dollar, seperti Tiket maskapai, Akomodasi (hotel, bus, dan makanan), dan Handling bandara.”

Maka untuk menstabilkan pembiayaan, AET Travel Indonesia harus menggunakan biaya Dollar. Apabila jika tidak, maka penurunan Rupiah akan membuat pembengkakan biaya. Contohnya, beberapa waktu lalu AET Travel rilis harga paket umrah 23 juta pada saat nilai Rupiah dalam rentang 14.000-14.600/1 Dollar, maka nilai paket jika di jadikan Dollar adalah sekitar 1575. Akan tetapi ketika terjadi kenaikan nilai Dollar di atas Rp. 14.600,- maka harga 23 juta tadi tidak akan sebanding lagi dengan $1575. Akibatnya perusahaan akan mengalami kerugian.

“Oleh sebab itulah kita ambil kebijakan menggunakan Dollar, supaya pembiayaan lebih aman.” lanjut Rizki Kurniawan N. “Kebijakan ini juga demi jamaah.”

Tahun 2015 lalu, kebijakan mengunakan harga Dollar juga diterapkan oleh AET Travel saat fluktuasi nilai Rupiah terhadap Dollar sangat tinggi. Namun, disaat nilai Rupiah mulai stabil terhadap Dollar, harga paket umrah pun dirubah ke Rupiah.

Menggunakan harga Dollar juga ... Baca halaman selanjutnya