Ingin Sukses dengan Usaha Food Truck? Ini Tipsnya

"Anda perlu merancang konsep food truck semenarik mungkin, terutama tata letak seluruh perkakas untuk berjualan."
Gaya berjualan menggunakan mobil sebagai wadah untuk mengolah makanan ini terbilang unik (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Menjual aneka makanan dari sebuah mobil atau yang dikenal dengan sebutan food truck bukan hal baru lagi di dunia bisnis, khususnya di negara-negara barat. Gaya berjualan menggunakan mobil sebagai wadah untuk mengolah makanan ini terbilang unik, sehingga menarik minat beberapa para pebisnis kuliner untuk mencoba usaha yang sama di Indonesia.

Maka, tak heran jika bisnis food truck di Indonesia mulai berkembang beberapa tahun terakhir. Mekanisme usaha ini pun cukup sederhana, efisien dan efektif. Apabila tertarik untuk terjun di bisnis food truck, ada beberapa tips sukses yang perlu diperhatikan agar perjalanan bisnis Anda sesuai harapan. Namun apa saja tips sukses membuka usaha ini? Berikut tipsnya.

1. Memiliki Kendaraan untuk Jualan
Karena basis usahanya adalah food truck, mau tidak mau Anda harus punya truk untuk dijadikan tempat berjualan. Beruntunglah jika sudah punya truk. Dengan sedikit modifikasi, maka truk kesayangan pun bisa disulap menjadi food truck yang sangat menarik. Tapi, bagaimana jika ternyata belum belum punya truk? Untuk masalah yang satu ini, Anda juga tak perlu bingung. Silakan cari referensi truk yang bagus sesuai dengan bujet. Jangan ragu untuk melirik truk bekas demi menghemat pengeluaran.

2. Mengurus Surat Izin Dagang
Bisnis food truck masih sedikit langka di Tanah Air. Supaya berjualan selalu aman, Anda perlu mengurus lisensi atau surat perizinan tepat di lokasi yang akan dijadikan lapak berjualan. Tentu, mengurus lisensi bisnis ini lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus lisensi restoran. Cukup dengan meminta persetujuan RT/RW setempat, maka bisnis food truck pun siap meluncur ke berbagai area.

3. Konsep Semenarik Mungkin
Anda perlu merancang konsep food truck semenarik mungkin, terutama tata letak seluruh perkakas untuk berjualan. Mulai dari peralatan memasak, perlengkapan makan, hingga tempat sampah sekali pun. Letakkan semuanya di tempat yang tepat ... Baca halaman selanjutnya