Dinas Pangan Sumbar Juga Jual Ikan

"TTIC bisa menjual lebih murah karena dapat memotong mata rantai distribusi."
Bahan kebutuhan pokok yang dijual di TTIC Sumbar. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Pangan Sumatera Barat melalui UPTD Distribusi, Pasokan, dan Akses Pangan meluncurkan program Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) untuk membantu pemerintah mengendalikan inflasi.

Program yang dimulai sejak April 2018 ini diharapkan dapat menstabilkan tingginya harga sembako yang menyebabkan inflasi seperti cabe, kacang tanah, minyak goreng, jengkol, bawang, dan ayam potong. Cara agar membantu mengendalikan inflasi dengan menjual sembako tersebut dengan harga yang lebih murah.

Namun, sebut Kasi Kasi Pengadaan UPTD Distribusi, Pasokan, dan Akses Pangan, Donna Gracia Jorie, tidak hanya sembako yang dijual. Keperluan harian lainnya juga dijual.

"TTIC juga menjual ikan dan sayur-sayuran," ujarnya. Dua bahan makanan ini tak berpengarauh terhadap inflasi. Sama seperti bahan makanan yang lain, harga ikan juga dijual lebih murah.

CEK HARGA SEMBAKO TTIC DISINI

Donna mengatakan, TTIC bisa menjual lebih murah karena dapat memotong mata rantai distribusi. Mereka langsung mengambil barang dari petani yang dibina sejak lama.

Sementara untuk petani di luar binaan, seperti ikan, Dinas Pangan menjalin kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar. Kerjasamanya berupa rekomendasi. DKP merekomendasikan kepada TTIC nelayan-nelayan binaan mereka.

"Kita berharap program ini dapat membantu masyarakat," ujarnya. Untuk mendapatkan bahan-bahan makanan yang dijual TTIC, masyarakat datang saja ke Jalan Raden Saleh No.4 B Padang (kawasan GOR Agus Salim). (*)