Bantuan Pembiayaan Bisa Dorong Usaha Menengah Indonesia Bersaing di Pasar Global

"Hal ini sangat diperlukan dalam hal pemenuhan bahan baku dari pemasok, promosi dan pemasaran"
Ilustrasi UMKM (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Usaha kelas menengah dilirik sebagai sektor yang bisa memberikan pengaruh bisnis di pasar global. Pasalnya kelompok usaha ini punya kesempatan besar untuk berinovasi sesuai dengan keinginan pasar.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag, Marolop Nainggolan. Ia mengatakan, dengan peluang tersebut, para pelaku usaha kelas menengah ini harus mendapatkan dukungan pembiayaan ekspor, khususnya untuk usaha yang berorientasi ekspor.

"Hal ini sangat diperlukan dalam hal pemenuhan bahan baku dari pemasok, promosi dan pemasaran, serta kemudahan untuk mendapatkan akses pembiayaan ekspor yang lebih mudah dan bunga yang lebih kompetitif," katanya dikutip dari laman Kemendag.

Menurut dia, fasilitas pendanaan ekspor sangat penting untuk mendorong daya saing produk Indonesia. Apabila Indonesia tidak dapat mendorong daya saing produk ekspornya, maka peluang ekspor akan dikuasai oleh negara-negara lain.

"Oleh karena itu, apabila fasilitas pendanaan ekspor dapat diberikan, maka Indonesia mempunyai kesempatan untuk menjadi salah satu pemasok utama di pasar global," sebut Marolop.

Marolop juga menyampaikan bahwa pelaku usaha menengah harus terus-menerus melakukan inovasi untuk mengembangkan produknya agar dapat diterima pasar dalam jangka waktu lima tahun ke depan dan memanfaatkan digitalisasi teknologi untuk menangkap pasar ekspor.

Adapun sebut dia, rumusan yang diperoleh dari usulan dan masukan terkait dukungan pembiayaan kepada pelaku usaha menengah, antara lain bantuan akses keuangan, teknis produksi, jaringan usaha dan peningkatan keterampilan manajerial.

Selain itu, ia juga menjelaskan, diperlukan pula koordinasi antar-kementerian/lembaga, sosialisasi program pembiayaan ekspor bagi pelaku usaha, serta penentuan kriteria dan definisi yang baku tentang pelaku usaha menengah.

Selanjutnya, perlu dilakukan pemetaan untuk memberikan pembiayaan bagi ... Baca halaman selanjutnya