Ini Tips Memasak Kerupuk Kulit ala Pengusaha Kerupuk Kulit Siti Nurbaya (4)

(Istimewa)

KLIKPOSITIF - Riska Ridhayanti mengatakan, cara memasak Kerupuk Jangek (kerupuk kulit) agar mendapatkan hasil maksimal adalah dengan melakukan tiga kali penggorengan.

“Menggorengnya dengan menggunakan minyak yang panas, tempat penggorengan itu menggunkan kuali yang bahannya besi, dan menggorengya dibalik-balik untuk dapat penggorengan dengan hasil yang maksimal,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah diolah dari bahan mentah,  kerupuk jangek ini dilatua (dipanaskan) menggunakan minyak yang tidak panas selama 5 menit lalu didiamkan selama 1 hari. Setelah itu, kerupuk ini kembali dilatua menggunakan minyak yang tidak panas, dibolak-balik, diangkat dan langsung digoreng dengan minyak panas.

Baca Juga

”Dalam proses ini menggunakan dua kuali tempat penggoregan, satu kuali untuk proses pemanasan, dan satu lagi kuali untuk penggoregan akhir,” ujarnya.

Riska bercerita, ia pernah gagal sekira 10 kali sebelum akhirnya menemukan cara penggorengan itu. “Ada yang hangus, ada yang ngak mekar. Kemudian saya banyak tanya-tanya ke pengusaha kerupuk jangek lainya,” tuturnya.

Selain kegagalan ini, Riska juga telah melewati serangkaian jatuh bangun yang baginya selalu memberi pelajaran. Ia mengatakan pernah menitip produk di toko, namun saat didatangi tokonya selalu tutup. Selain itu, untuk pengiriman ke luar daerah produknya juga pernah beberapa kali mengalami kerusakan.

“Kerupuk Jangek ini kan rapuh, jadi mudah pecah dan rusak karena orang-orang ekspedisi kadang-kadang dalam prose pengiriman produk kita dibanting-banting, sehingga sampai di konsumen kerupuk jangeknya sudah remuk, pecah dan rusak,” ucapnya. 

Namun setelah mencari segala macam solusi, ia mengaku senang ketika para konsumen kembali memesan produknya dan menjadi pelanggan. Menurutnya, cara dia menghadapi persaingan di pasar adalah dengan menciptakan kemasan yang menjual, menarik, gampang di bawa, dan berinovasi untuk menciptakan varian rasa baru.

“Kedepanya rencanya saya mau merangkul teman yang belum punya pekerjaan untuk khusus produksi, dan saya khusus untuk pemasaran saja,” ucapnya.

[Satria Putra]

Editor: Elvia Mawarni