Rahasi Sukses Jack Ma Membangun Alibaba

"Belajar dari kesukesan orang lain "
Jack Ma (Net)

KLIKPOSITIF - Beberapa waktu lalu, dunia bisnis e-commerce dikejutkan dengan pengunduran diri pendiri Alibaba yakni Jack Ma. Dalam surat resmi yang dirilisnya kepada publik, Jack Ma menyerahkan estafet kepemimpinan Chairman of the Board Alibaba Group kepada Daniel Zhang yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Alibaba Group.

Bukan perkara mudah bagi Jack Ma untuk membesarkan Alibaba seperti saat ini, ia mengalami banyak penolakan dan kegagalan sebelum akhirnya meraih kesuksesan.

Perjalanan karier Jack Ma menginspirasi banyak generasi muda Cina untuk mengikuti jejak kesuksesaanya. Dilansir dari laman enterpreneur, berikut kunci sukses Jack Ma dalam membesarkan Alibaba.

1. Belajar dari kegagalan orang lain, bukan dari kesuksesannya
Belajar dari kesukesan orang lain merupakan sesuatu yang lazim dilakukan banyak orang. Buku-buku motivasi mengangkat banyak kisah mengenai kesukesan tokoh-tokoh agar orang lain bisa belajar dari keberhasilannya.

Namun, jangan lupakan bahwa yang seharusnya dipelajari adalah tentang kegagalan-kegagalan yang tokoh tersebut alami dan bagaimana ia mengatasinya.

"Dalam hidup, bukan seberapa banyak yang kami raih, betapa kami telah melewati hari-hari yang berat dan kesalahan," kata Jack Ma dalam Forum Ekonomi Dunia di Swiss.

2. Menjadikan diri sendiri sebagai pesaing
Jack Ma menyarankan, ketimbang menjadikan kesuksesan orang sebagai indikator keberhasilan kita, lebih baik menetapkan sasaran dan target untuk diri sendiri. Dengan begitu, kita menjadikan diri sendiri sebagai pesaing. Anda dapat melakukan ini dengan membayangkan apa yang Anda harapkan untuk sukses dalam 10 tahun, metode yang berhasil bagi Jack Ma.

3. Jangan menghindari masalah tetapi hadapi
Jack Ma mengatakan bahwa orang-orang yang berusia 20-30an “masih beruntung” karena masih banyak hal yang mesti dipelajari. Dalam proses belajar itu, seseorang pasti akan mengalami masalah ... Baca halaman selanjutnya