Warung Ikhlas Dunsanak di Padang Jual Nasi Rp2.000 Sebungkus

"Hitungan modal satu bungkus nasi ini adalah Rp 4.000 sampai Rp 6.000 dan pihaknya tiap hari menyediakan 120-150 bungkus. "
Kegiatan di Warung Ikhlas Dunsanak. (Warung Ikhlas Dunsanak.)

KLIKPOSITIF - Semenjak 2011 lalu, di Kota Padang sudah berdiri sebuah usaha yang kegiatanya bergerak di bidang sosial bernama Warung Ikhlas Dunsanak.

Ketua Warung Ikhlas Dunsanak Dodi Mardianto Dt. Katumanggungan mengatakan, usaha ini merupakan bagian dari Program Peduli Nagari (PPN) Sumatera Barat. Di PPN ini ada 12 program, dan salah satu program yang besar itu adalah Warung Ikhlas Dunsanak. Program Peduli Nagari ini berdiri April 2011 dengan visi membangun Negri, Nagari, Pribadi.

"Warung ikhlas dunsanak ini konsepnya adalah berbagi dan berbagi, memberikan manfaat sebanyak-banyaknya apa yang dimiliki, baik harta dan jiwa, semakin banyak memberikan manfaatkan kepada orang, semakin banyak bahagia yang didapat," kata alumnus Sastra Daerah Minangkabau Universitas Andalas itu.

Ia mengatakan, Warung Ikhlas Badunsanak didirikan April 2011 dengan kegiatan perdana di TPA Aia Dingin. Warung Ikhlas Dunsanak ini menyediakan nasi bungkus lengkap dengan lauk dan dan sayur untuk makan siang bagi kelompok atau orang-orang yang kurang beruntung secara ekonomi.

"Nasi Bungkus ini kalau di rumah makan padang harganya Rp14.000 tapi kita menjual Rp 2.000. Harga Rp 2.000 per bungkus ini diambil dari satuan terkecil mata uang dan dengan 'harga' Rp2000 per bungkus itu kita sebenarnya juga mengajarkan supaya orang-orang ini tidak hanya meminta namun juga bisa memberi," tuturnya.

Ia mengungkapkan, hitungan modal satu bungkus nasi ini adalah Rp 4.000 sampai Rp 6.000 dan pihaknya tiap hari menyediakan 120-150 bungkus. Warung Ikhlas Badunsanak ini dengan mobil operasionalnya selalu berpindah-pindah lokasi di Kota Padang setiap hari, bahkan sesekali sampai ke luar kota seperti ke Bukittinggi dan Payakumbuh.

"Berkegiatan di sini kita harus stanby 24 jam. Misalkan seperti bencana banjir kemarin, subuh kita dihubungi untuk memasok makanan untuk korban. Kepuasan berkegiatan seperti ini adalah ... Baca halaman selanjutnya