Selain Nasi Murah, di Warung Ikhlas Dunsanak Juga Ada Baca Buku Gratis

"Saat ini mereka sudah memiliki jadwal tetap, di mana pada hari Senin berlokasi di Pasia Jambak."
Kegiatan di Warung Ikhlas Dunsanak. (Warung Ikhlas Dunsanak.)

KLIKPOSITIF - Kegiatan Warung Ikhlas Dunsanak tidak hanya membagi-bagi nasi yang dijual dengan harga murah, namun juga ada kegiatan lain bernama "Pustaka Ikhlas".

"Pustaka Ikhlas ini berupa pustaka keliling, baca bukunya gratis bahkan kita beri snack bagi mereka yang membaca buku di Pustaka Ikhlas ini," kata ketua Warung Ikhlas Dunsanak Dodi Mardianto Dt. Katumanggungan.

Selain Pustaka Ikhlas, juga ada program Butik Ikhlas, yakni kegiatan mengumpulkan baju-baju yang masih layak pakai lalu dijual seharga Rp 2.000 per-helai. Ia menjelaskan, dana yang terkumpul dari penjualan nasi bungkus dibelikan ke baju seragam sekolah, alat tulis dan alat belajar untuk dibagikan lagi ke mereka, khusus untuk anak yatim. Istilahnya dana dari mereka kembali untuk mereka, katanya. Butik Ikhlas ini jalan sekali sebulan.

"Kegiatan seperti ini mudah-mudahan bisa diwariskan dan berlanjut, bisa ditiru oleh anak cucu, dan bermafaat bagi masyarakat banyak," katanya.

BACA: Warung Ikhlas Dunsanak di Padang Jual Nasi Rp2.000 Sebungkus

Ia mengatakan, warung ini setiap hari beroperasi dan untuk warga miskin. Saat ini mereka sudah memiliki jadwal tetap, di mana pada hari Senin berlokasi di Pasia Jambak, hari Selasa di TPA Aia Dingin, Hari Rabu di Pasa Alang Balimbiang, Kamis di Padang Sarai, Jumat di Alai, sementara Sabtu-Minggu kadang ke luar kota.Khusus di bulan Ramadan ini, ia menargetkan membagikan 200 bungkus nasi perhari ditambah takjil.

"Dan kadang-kadang dari jumlah yang akan dibagi ini bisa tidak cukup untuk dibagikan, namun bagi orang yang tidak dapat bagian mereka bisa menerima dengan lapang dada, karena kita mengajarkan bagaiman budaya antri dan kita menjalin hubungan yang dekat dengan masyarkat seperti nama program ini yakni hubungan yang 'badunsanak'," ... Baca halaman selanjutnya