OJK Terbitkan Aturan Baru Soal Industri Keuangan Digital

"Lewat aturan tersebut OJK ingin membawa para pebisnis digital yang memiliki visi pengembangan UMKM"
Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida (Istimewa)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan aturan baru yang membahas soal keuangan digital. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK No.13/POJK.02/2018.

Aturan ini muncul seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi digital yang saat ini mulai berperan dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

"OJK memandang layanan jasa keuangan yang inovatif, cepat, mudah, dan luas bagi masyarakat di wilayah Sumatera sangatlah penting, dan itu bisa dilakukan melalui pengembangan teknologi keuangan digital," kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida.

Menurutnya, pengembangan teknologi keuangan digital di wilayah Sumatera diharapkan mampu menerobos hambatan pengembangan ekonomi pelaku usaha skala kecil, mempermudah dan mempercepat akses permodalan, serta menurunkan biaya layanan keuangan di masyarakat.

Untuk itulah, lewat aturan tersebut OJK ingin membawa para pebisnis digital yang memiliki visi pengembangan UMKM melalui keuangan digital.

Peraturan OJK soal Inovasi Keuangan Digital ini juga bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi para inovator keuangan yang berbasis teknologi.

Sehingga dengan begitu menurut dia akan menumbuh kembangkan inovasi-inovasi di industri jasa keuangan dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Nurhaida menjelaskan bahwa, peraturan tersebut berfungsi sebagai payung hukum Inovasi Keuangan Digital secara menyeluruh yang antara lain mencakup insurtech, crowdfunding, serta penyelesaian transaksi dan pengelolaan investasi secara digital.

Sebab di masa mendatang, katanya, setiap subsektor inovasi keuangan akan memiliki POJK khusus untuk masing-masing subsektor (lex specialist) dan merujuk kepada payung hukum POJK 13/2018 ini.

"Inovasi keuangan digital ini perlu didukung sekaligus dipantau dan dikendalikan agar bisa bersinergi dengan lembaga keuangan yang telah ada serta memberikan perlindungan maksimal kepada konsumen," ucap ... Baca halaman selanjutnya