Sri Mulyani: Indonesia Tidak Akan Pinjam Uang ke IMF

"Indonesia saat ini tidak sedang dalam posisi krisis"
Ilustrasi (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pemerintah tidak akan meminjam dana ke IMF, meskipun saat ini pertemuan IMF-World Bank Group digelar di Bali.

Ia mengatakan bahwa IMF hanya akan memberikan pinjaman bagi negara yang sedang mengalami krisis neraca pembayaran. Sementara Indonesia saat ini tidak sedang dalam posisi krisis.

Bahkan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde juga telah menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan baik.

"Sehingga kami tegaskan bahwa kami tidak meminjam IMF," katanya dalam sebuah pernyataan resmi. Ia menambahkan, kabar soal Indonesia akan melakukan pinjaman dana ke IMF itu hanya isapan jempol belaka.

Namun ia menyatakan, bahwa Indonesia hanya menjadi anggota IMF seperti 189 negara yang lain, sama seperti Indonesia sebagai anggota Bank Dunia dengan 189 negara atau Indonesia sebagai anggota PBB dengan 192 negara lain di dunia.

Sebagai anggota IMF, tambah dia, Indonesia sama juga dengan negara lain mencoba berkontribusi untuk menciptakan kondisi yang lebih baik.

"Indonesia berupaya berkontribusi terhadap pemikiran untuk membuat perekonomian global lebih baik, sehingga dunia bisa menjadi tempat yang aman dan bisa menciptakan kesejahteraan bersama," tandasnya.

Sementara itu Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memastikan, Indonesia saat ini tidak membutuhkan bantuan maupun pinjaman dari IMF.

"Pinjaman dari IMF bukan pilihan karena ekonomi Indonesia tidak membutuhkannya," kata Lagarde dalam pernyataan tertulisnya di Nusa Dua, Bali, Senin lalu.

Lagarde menilai, ekonomi Indonesia saat ini telah dikelola dengan sangat baik oleh Presiden Joko Widodo, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan rekan-rekan mereka.(*)