Harga Cabai Merah di Pessel Naik Jadi Rp50 Ribu Per Kilogram

"Harga sebelumnya berkisar Rp45 ribu per kilogram"
Pedagang cabai merah di Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Semenjak memasuki musim hujan, di Kabupaten Pesisir Selatan-Sumetara Barat harga cabai merah terpantau mengalami kenaikan mencapai Rp50 ribu per kilogram, sementara harga sebelumnya berkisar Rp45 ribu per kilogram.

Kenaikan tersebut terjadi sejak beberapa hari belakangan ini dan hingga saat ini Selasa 16 Oktober 2018 masih belum turun.

Salah seorang pedagang Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang, Yuni (36) mengakui, harga kenaikan harga cabai merah naik memasuki musim hujan panjang pada Oktober 2018 ini.

"Akhir bulan lalu (September) lalu harga cabai merah masih Rp45 ribu perkilogram. Namun, sampai saat ini naik dari Rp50 ribu mencapai Rp60 ribu perkilogram," terangnya pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga cabai merah di daerah diantaranya karena kesulitan mencari pasokan barang.

"Kalau pembeli lengang, bisa rugi karena banyak yang akan busuk. Untuk mendapatkan pasokan juga sulit karena pengaruh hujan," jelasnya.

Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pessel, Azral mengakui, semenjak memasuki musim hujan belakangan ini, harga kebutuhan pokok sangat fluktuatif. Terlebih karena adanya faktor cuaca yang mempengaruhi.

"Untuk menyikapinya, setiap hari kita sudah melakukan pemantauan. Untuk menjaga kestabilan harga, kita akan mengimbau pedagang agar menjual dengan harga sesuai kebutuhan," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]