AHM Sediakan Lapangan Kerja Untuk Lulusan SMK Terbaik

"Hal ini terkhusus pada siswa lulusan 670 SMK binaan AHM"
Pekerja di pabrikan motor AHM (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Produsen sepeda motor Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor menyediakan lapangan pekerjaan untuk pelajar terbaik lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Hal ini terkhusus pada siswa lulusan 670 SMK binaan AHM di jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Direktur HR, GA, SI, & IT AHM Markus Budiman mengatakan, penyediaan lapangan pekerjaan tersebut merupakan tujuan akhir dari pendidikan vokasi dari PT AHM.

"Jadi outputnya adalah pelajar ini nanti bisa bekerja di jaringan AHM, sambil mengimplementasikan keilmuan yang didapatkan selama sekolah," katanya pada KLIKPOSITIF.

Menurut dia, salah satu cara perusahaan meningkatkan mutu kualitas pelajar dari sekolah binaan ini adalah dengan adanya Skill Contest yang digelar setiap tahunnya oleh produsen motor pabrikan Jepang ini.

Ia menjelaskan, di kompetisi itu setiap pelajar diberikan pengetahuan soal perkembangan teknologi sepeda motor berikut dengan masalahnya. Dengan bekal yang telah dipelajari di sekolah, pelajar kemudian dituntut untuk memecahkan masalah itu sesuai dengan perkembangan.

"Selalu ada pengembangan standar penilaian uji skill ini. Sesuai dengan oerkembangan yang ada di lapangan. Yang juga bakal ditemui oleh pelajar ini di lapangan," jelas Markus.

Selain bekerja di jaringan AHM, selama sekolah pelajar di SMK binaan ini juga diberikan pengetahuan soal wirausaha di bidang otomotif lewat program Honda Youth Preneurship.

Melalui program ini, pelajar dimotivasi untuk bisa berbisnis usai sekolah. Sebab, AHM tidak sepenuhnya bisa menampung lulusan SMK ini di setiap jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kemudian, ada pula yang diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Semua program tersebut adalah untuk memacu kompetensi siswa khususnya di bidang teknik sepeda motor," pungkasnya kemudian.(*)