Hari Santri, Jokowi Bakal Hadirkan 1000 BLK di Pondok Pesantren

"Masing-masing lembaga pendidikan berbasis agama Islam tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda"
Presiden Jokowi saat menghadiri Apel Akbar Santri Nusantara yang dihelat di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta (Setkab)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo akan menghadirkan 1000 Balai Latihan Kerja (BLK) di pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat Apel Akbar Santri Nusantara yang dihelat di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta. Jokowi mengatakan, program BLK ini bisa meningkatkan sumber daya manusia.

"Program ini kita lihat bermanfaat, rencananya tahun depan jumlah BLK akan kita lipat gandakan lagi," katanya. Sebelumnya, program BLK ini telah dicoba di 33 pondok pesantren.

Alasan memprogramkan BLK di pondok pesantren adalah karena dirinya melihat masing-masing lembaga pendidikan berbasis agama Islam tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah untuk balai latihan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ada pihak pesantren yang meminta pelatihan komputer, dan ada juga yang meminta pelatihan fesyen dan germen.

"Ya kita coba, kita lihat, kita evaluasi apakah cocok atau tidak, benar atau tidak, sehingga bisa meningkatkan skill dari para santri dan banyak hal lain yang telah kita coba sehingga nanti ada kesimpulan bahwa yang benar kita harus melakukan ini," jelas dia.

Lantas terkait dengan pemberdayaan pondok pesantren itu, Jokowi menjelaskan saat ini ada Bank Wakaf Mikro untuk ekonomi umat, program ini memang baru dimulai.

Untuk program itu, Jokowi mengatakan hingga saat ini baru dicoba di 33 pondok pesantren.(*)

Sumber: Sekretariat Kabinet