Indonesia Operasikan Tiga Pabrik Terigu Baru

"Operasi ketiga pabrik itu mencapai 1.500 ton giling per hari."
Tepung terigu (http://images.cnnindonesia.com/)

KLIKPOSITIF - Impor terigu nasional tahun ini akan berkurang dengan beoperasinya tiga pabrik terigu baru. Operasi ketiga pabrik itu mencapai 1.500 ton giling per hari.

"Ketiga pabrik tersebut dibangun oleh PT Nutrindo Bogarasa milik Grup Mayora, PT Paramasuka Gupita milik Grup Wings dan PT Cerestar Flour Mills yang masing-masing berlokasi di Cilegon, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara," kata Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) Franciscus Welirang di Jakarta.

Dilansir dari laman Ant, hasil produksi ketiga pabrik baru tersebut ditujukan untuk kebutuhan industri hilir terigu. Grup Mayora akan menggunakan pabrik baru untuk memproduksi biskuit, sementara Wings Group akan menggunakannya untuk memproduksi mie instan.

"Tapi kemungkinan tepung yang mereka produksi juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Kita mengharapkan hal itu bisa memenuhi keutuhan nasional," tambahnya.

Menurut data Aptindo, konsumsi tepung terigu hingga kuartal I/2016 tercatat sebesar 1,46 juta ton, atau mencapai 26,5 persen dari konsumsi tahun lalu tercatat sebesar 5,5 juta ton. Sedangkan, produksi tepung terigu dalam negeri pada tahun yang sama tercatat 11,4 juta ton yang dihasilkan dari 30 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diketahui, pada 2013, impor tepung mencapai 205 ribu ton, terus turun menjadi 197 ribu ton di 2014 dan 97 ribu ton pada 2015.