Menteri Ekonomi Se-ASEAN Jalin Kerjasama Dorong Pertumbuhan e-Commerce

"Perjanjian ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menciptakan lingkungan yang inovatif bagi perkembangan niaga-el"
Ilustrasi e-Commerce (Net)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Para Menteri Perekonomian negara-negara persatuan Asia Tenggara (ASEAN) menjalin kerjasama di bidang ekonomi terkait perdagangan menggunakan jasa internet atau e-commerce (Niaga-el).

Perjanjian yang memiliki judul ASEAN Agreement on E-Commerce tersebut dilakukan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 33 di Singapura.

Dalam pertemuan itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa perjanjian ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menciptakan lingkungan yang inovatif bagi perkembangan niaga-el.

Ketentuan pada perjanjian ini mengatur mengenai perdagangan lintas batas antar negara-negara anggota ASEAN, dan lokalisasi fasilitas komputerisasi, serta mendorong negara-negara di kawasan ASEAN untuk mewujudkan sistem pembayaran elektronik yang aman dan saling terintegrasi satu sama lain.

"ASEAN yakin bahwa implementasi Perjanjian ini perekonomian Indonesia dan negara anggota ASEAN lainnya akan tumbuh pesat," katanya.

Ia menjelaskan perjanjian ini akan memberi ruang bagi seluruh anggota ASEAN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasiskan niaga-el dengan menerapkan kebijakan nasional masing-masing yang sejalan dengan Perjanjian ini.

Mendag juga meyakini bahwa dampak positifnya akan signifikan bagi Indonesia, karena pada saat yang bersamaan Indonesia juga sedang mendorong tumbuhnya aktivitas bisnis termasuk skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti usaha rintisan.

Sesuai Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik 2017--2019, Indonesia menargetkan untuk menjadi perekonomian digital terbesar pada 2020.

"UMKM diharapkan dapat memanfaatkan platform niaga-el di Indonesia dan ASEAN untuk dapat menembus pasar ASEAN dan global. Untuk itu, Pemerintah akan mendorong upaya peningkatan daya saing UMKM," papar Enggar.

Para Menteri Ekonomi ASEAN menegaskan kembali keseriusan ASEAN dalam meningkatkan kualitas integrasi ekonomi ... Baca halaman selanjutnya