Harga Jengkol di Pasar Raya Solok Turun karena Pasokan Melimpah

"Harga jengkol sebelumnya mencapai Rp1500/butir"
Jengkol (KLIKPOSITIF/ Afri)

KLIKPOSITIF - Harga jengkol di Pasar Raya Solok hari ini kembali turun karena pasokan melimpah. Harga jengkol turun hingga 50 persen.

"Harga jengkol sebelumnya mencapai Rp1500/butir namun hari ini turun menjadi Rp700/butir," ujar salah seorang pedagang, Wiwit (40) kepada KLIKPOSITIF, Kamis 23 Juni 2016.

Dari pantauan KLIKPOSITIF, pasokan jengkol ke Pasar Raya Solok saat ini datang dari berbagai daerah di Sumbar. Ia menjelaskan diantaranya dari Pasaman, Pariaman dan pesisir selatan.

Sementara itu, pedagang lainnya, Mun (59) mengatakan penurunan harga jengkol meningkatkan daya beli masyarakat. "Biasanya saya bisa menjual lebih kurang 1 karung jengkol namun hari ini meningkat menjadi 1,5 hingga dua karung," ujarnya.

Disisi lain, sejumlah kebutuhan pangan juga mengalami penurunan. Harga cabe keriting menjadi Rp28 ribu dari Rp32 ribu/kilogram. "Sementara itu, Bawang merah juga turun dari Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu/kilogram sedangkan Bawang putih turun dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu/kilogramnya," ungkap sala seorang pedagang, Mar.