Transaksi Sumbar Expo 2018 Capai Rp 1,2 Miliar

"angka tersebut secara keseluruhan dari kegiatan selama 3 hari tersebut"
Sumbar Expo 2018 di Makassar (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sumbar Expo 2018 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan dari 15 - 18 November mendapat respon bagus. Diperkirakan jumlah transaksi sebesar RP 1,2 miliar. Sebanyak Rp. 195.619.760 merupakan jumlah transaksi dengan menggunakan rekening Bank Nagari.

Kepala Badan Penghubung Sumbar Andre Setiawan menyebutkan, angka tersebut secara keseluruhan dari kegiatan selama 3 hari tersebut.

"Di luar transaksi yang memakai rekening Bank Nagari ada yang dilakukan secara tunai dan non tunai dengan menggunakan bank lain" ujarnya, Senin, 18 November 2018.

Dia menjelaskannya, transaksi tersebut dari penjualan secara menyeluruh mulai dari produk UMKM seperti kain songkek, sulaman, kopi, dan kerupuk. Namun Andre tidak merinci berapa biaya dari Sumbar Expo secara keseluruhan.

Sementara, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menegaskan bahwa pelaksanaan Sumbar Expo 2018 di Makassar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terlihat dari pemilihan segmentasi pasar dan konsep pelaksanaan acara.

"Makassar merupakan kota terbesar di wilayah Indonesia timur yang menjadi pusat perdagangan, hal tersebutlah yang mendasari kami lebih menitik beratkan kepada konsep kerjasama dalam berbagai sektor seperti pariwisata, koperasi, UMKM serta energi terbarukan, terbukti adanya penandatangan MoU antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Sulsel," katanya.

Dari MoU tersebut, Nasrul Abit mengatakan jangan hanya sebatas di atas kertas tapi harus ditindak lanjuti kedepannya, sehingga memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak.

"Dua provinsi bisa saling berbagi dan mendukung. Contohnya sama-sama mempromosikan produk lokal, baik di Sumbar atau di Sulsel," terangnya.

Kedepan, Wagub berharap partisipasi dari sektor swasta lebih meningkat dalam pelaksanaan Sumbar Expo.

"Kita tidak bisa mengandalkan anggaran pemerintah saja dan untuk solusinya kita harus bekerjasama dengan pihak ... Baca halaman selanjutnya