Dongkrak Produksi Kakao, Pemko Sawahlunto Salurkan Pupuk Gratis ke Petani

"Gerakan ini bertujuan untuk menciptakan Kakao yang memiliki kualitas bagus"
Pemberian pupuk untuk tanaman Kakao ke petani (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Sawahlunto memberikan pupuk gratis pada petani Kakao. Hal itu dilakukan untuk mendongkrak produksi Kakao dari Kota Arang tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Hilmed mengatakan, pemberian pupuk tersebut merupakan bagian dari gerakan masal pemangkasan dan pemupukan tanaman Kakao.

Ia menjelaskan, gerakan ini bertujuan untuk menciptakan Kakao yang memiliki kualitas bagus dan hasil produksi yang banyak. Dalam hal ini, sebut dia, masing-masing petani mendapatkan bantuan pupuk sebanyak 25 kilogram.

"Kakao yang pernah berkontribusi besar bagi ekonomi keluarga Sawahlunto, kini mulai mengalami kemunduran seiring melemahnya semangat dan partisipasi masyarakat dalam melakukan perawatan," katanya di Sawahlunto, 27 November 2018.

Hilmed menambahkan, bantuan untuk tahap pertama, diberikan kepada petani di Dusun Sikabu Kubang Utara Sikabu, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta menambahkan, komoditas Kakao yang menjadi bagian dari sektor pertanian Sawahlunto harus dibangkitkan kembali.

Apalagi, menurut dia, secara persentase 70 persen dari kawasan Sawahlunto merupakan lahan pertanian.

Terkait dengan itu lanjut Deri, sektor pertanian harus dimajukan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sawahlunto. Pertanian merupakan hulu, yang akan berdampak pada hilirisasi di sektor lainnya.

"Kakao memberikan pendapatan yang tinggi bagi masyarakat petani. Masalahnya saat ini berada pada perawatan, baik pemangkasan maupun pemupukan. Untuk itu, mari kita sama-sama bangkit menggerakannya. Sawahlunto fokus untuk peningkatan ekonomi kerakyatan," pungkasnya.

[Muhamad Haikal]