Ekspor Minyak Mentah AS Capai Rekor Tertinggi

"AS mengekspor 211.000 barel per hari selama sepekan hingga 30 November"
Amerika Serikat pekan lalu mengekspor lebih banyak minyak mentah dan bahan bakar daripada diimpor (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Amerika Serikat pekan lalu mengekspor lebih banyak minyak mentah dan bahan bakar daripada diimpor untuk pertama kalinya dalam catatan perdagangannya.

Ketika menambahkan semua impor dan ekspor produk mentah dan olahan, AS mengekspor 211.000 barel per hari selama sepekan hingga 30 November. Menurut angka Departemen Energi AS yang dimulai pada 1973. Itu terjadi karena lonjakan ekspor minyak mentah ke rekor mingguan lebih dari 3,2 juta barel per hari.

"Jadi kapan AS mengirim delegasi ke pertemuan OPEC?. Ini sangat menakjubkan. Saya pikir itu akan semakin sering terjadi di tahun-tahun mendatang," Kata Kyle Cooper, konsultan di ION Energy di Houston.

Amerika Serikat secara historis telah menjadi pengimpor berat minyak mentah karena larangan empat dekade atas ekspor minyak mentah yang dicabut pada akhir 2015 oleh Presiden Barack Obama.

Ekspor minyak hingga saat ini didominasi oleh produk seperti bensin dan solar, tetapi itu telah berubah sejak revolusi serpih AS yang telah mempercepat pengeboran dan ekstraksi minyak sehingga membantu meningkatkan produksi AS secara keseluruhan ke rekor 11,7 juta barel per hari.

Dilansir dari laman reuters, Organisasi Negara Pengekspor Minyak menunda pertemuan tanpa mengumumkan perjanjian pasokan-potong, karena bergulat dengan harga yang tenggelam akibat lonjakan output AS yang telah menjungkirbalikkan persamaan pasokan global.

"Persediaan minyak mentah turun 7,3 juta barel pekan lalu karena impor minyak mentah mencapai rekor terendah 4 juta bpd," kata Administrasi Informasi Energi AS.